delapan tahun lalu

by - Desember 29, 2021

cerita ini akan panjang, aku rasa. aku usahakan tidak bertele-tele.

mari kita mulai.

delapan tahun lalu. delapan tahun lalu: tahun 2013. tahun di mana aku masih duduk di bangku smp. berseragam putih biru dongker. masa-masa smp ini adalah masa-masa yang sangat-sangat-sangat memorable buatku. kenapa?

karena di smp aku bertemu dengan teman-teman baru, menemukan hal-hal baru, dan rasanya seperti melihat dunia yang begitu luas. lebih tepatnya setelah masuk smp aku jadi tahu bahwa ada banyak hal menarik di dunia ini. termasuk orang-orangnya. rasanya seperti ada banyak sekali 'pintu' dan 'jendela' yang terbuka untukku. 

masa itu aku jadi mengenal internet, yang ternyata nggak hanya ada 'google'. dan 'google' bisa untuk mencari apa saja. tidak hanya untuk bermain game online. nah, aku jadi tahu apa itu 'wikipedia', isinya seperti apa dan bagaimana mengaksesnya. semua hal yang terasa absurd sudah tidak lagi begitu.

selain hal di atas, di smp aku bisa mengikuti berbagai macam kegiatan yang pastinya: seru! aku ikut ekstrakulikuler karate di hari selasa dan kamis, ikut ekstrakulikuler marching band di hari jumat, ikut ekstrakulikuler menari di hari sabtu pagi, dan kegiatan pramuka di sabtu siang. tidak hanya itu saja, aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba-lomba yang sebelumnya belum pernah aku ikuti (kan masih sd).

dan sampailah aku mengikuti osn. asli! itu adalah pengalaman yang sangat-sangat-sangat berkesan dalam hidupku. bayangkan osn: olimpiade sains nasional. berangkat dari lomba tingkat kabupaten, lanjut lolos ke provinsi, dan lolos (lagi) ke tingkat nasional. wow! tidak menyangka sama sekali. 

kenapa osn (sangat-sangat-sangat) berkesan buatku? tentunya karena aku mendapatkan pengalaman baru dan teman baru. kapan lagi coba bisa berkenalan dengan murid-murid pintar dan berprestasi dari daerah lain? pikiranku jadi terbuka dengan beragamnya kita. beruntung sekali (sangat) mendapatkan kesempatan mengikuti osn dari awal sampai akhir. meskipun belum bisa mendapat medali. tetapi setidaknya sudah pernah naik pesawat garuda indonesia (ha ha ha. karena sampai sekarang belum pernah lagi).

oh ya, pengalaman osn makin berkesan saat aku menjalani masa pembinaan di provinsi sebanyak dua kali. pertama, saat masuk passing grade 35 besar. lalu kali kedua, saat lolos ke osn nasional artinya masuk 66 besar atau perwakilan provinsi. pembinaan ini cukup seru dan menyenangkan. seperti di asrama, tidur satu kamar berdua bahkan ada yang berempat, lalu jam makan sudah diatur. sarapan, makan siang, snack siang, snack sore, dan makan malam. tentunya jadwal kelas dari pagi hingga malam. ada banyak tingkah dan kejadian lucu, kocak, dan konyol. seperti, 'kompos' selembar kertas berisikan berita terkini di kelas biologi mengenai survei penyebutan 'kelereng' di daerah masing-masing. lalu berita terkini dari 'kompos' selembar kertas itu, ditempelkan di papan pengumuman di depan ruang makan. dan dibaca oleh anak-anak yang lainnya :) lalu ada istilah 'tidak' (dengan intonasi khas, bagi yang tahu); 'mikroorganisme' (dengan intonasi khas juga, bagi yang tahu); 'cuma emas' (bagi yang tahu saja); dan ada banyak yang tidak bisa disebutkan di sini. 

saat masa perlombaan di tingkat nasional, di batam kepulauan riau, kontingen jawa tengah membuat kehebohan saat jamuan makan malam. sebab kami punya 'ariel noah' jadilah kami menggebrak panggung dengan lagu 'separuh aku' dan 'topeng'. ada videonya pula. meski sedikit tidak jelas. rasanya itu sungguh gila (ha ha ha). bisa-bisanya hampir semua anak kontingen jawa tengah maju dan naik ke panggung. terima kasih kepada 'ariel noah' cabang osn fisika. kamu menjadi salah satu cerita berkesan di osn 2013, jateng terutama. 

dan aku ucapkan terima kasih untuk kalian yang menyemangatiku saat berjuang di tingkat nasional. 'cuma emas' dan 'ganbatte' dalam pesan-pesan singkatnya BCPKF dan ASG. teruntuk BCPKF aku senang bertemu denganmu. namamu unik dan kamu baik. sedih sekali saat itu hanya aku yang lolos ke nasional di antara kita. merasa sendirian, padahal teman-teman di pembinaan pertama banyak yang lolos juga. kamu menemani lewat pesan singkatmu. dan tak lupa my partner satu-satunya. unik, aneh, lucu apalagi, ya. kok bisa kita berdua yang lolos ke nasional dari smp kita? satu kelas pula kita. absen depan belakang, berurutan. hanya beda mata pelajaran saja. terima kasih sudah berjuang!

pengalaman osn menjadi salah satu: kotak bahagiaku. dan (mungkin) tidak akan terlupakan. beberapa teman di osn dulu, aku masih berhubungan dengan mereka. ya, memang sebatas di media sosial. ada juga yang tidak. aku bersyukur bertemu mereka. dengan bertemu mereka, pernah bersama di situasi yang sama, membuatku merasa dunia ini luas dan sempit. luas: saat melihat mereka berada di jalan yang berbeda denganku. sempit: saat tahu bahwa temanku saat ini adalah teman mereka juga.

kotak bahagia lainnya adalah: masa smp. secara keseluruhan. memori-memori kecil kejadian saat smp dan orang-orang di dalamnya. aku sangat bersyukur dalam kesempatan hidupku bertemu mereka (terlalu banyak untuk disebjutkan satu-satu). kebanyakan temanku di smp menjadi temanku di sma juga, bahkan sampai sekarang. aku bersyukur dipertemukan dengan mereka dengan keunikan masing-masing. dengan tingkah dan karakter yang berbeda, kesukaan yang berbeda, kebiasaan yang berbeda, dan masih banyak lagi. mengenang masa-masa itu, di saat berada di titik rendah, bisa membangkitkan diri untuk tegak kembali. 

bisa dibilang masa-masa delapan tahun lalu, hari-hariku penuh warna. hmm sekarang sih, ya berwarna, tapi beda. dulu belum penuh pikiran yang berat. hari-hari dijalani apa adanya. salah satu yang berat adalah ulangan dadakan :) dan tertangkap basah sedang main uno di jam kosong :) lalu kartu uno disita oleh guru. 

cukup sekian dulu, nostalgia masa smp. semoga kalian tidak bosan dan dapat memahami yang aku tulis. 

sekian :)

i dedicated this nostalgic-long-story for: anak-anak griya paseban 2013, anak-anak kelas 'straight' a.k.a kelas A, terkhusus BCPKF and the gank, dan terkhusus lagi PR FNS DPR LAN SRH.


You May Also Like

0 komentar