Baca Buku: Potret Keluarga

by - Desember 26, 2021



Potret Keluarga adalah buku terbaru karya Mbak Reda Gaudiamo. Baru diterbitkan April tahun ini. Merupakan buku keenam dari Mbak Reda yang sudah aku baca. Setelah sebelumnya menamatkan:

  • Aku, Meps, dan Beps
  • Na Willa
  • Na Willa dan Rumah dalam Gang
  • Kita, Kami, Kamu
  • Bisik-bisik

Buku "Aku, Meps, dan Beps" serta "Kita, Kami, Kamu" ditulis oleh Mbak Reda dan Soca Sobhita, anaknya. Untuk buku "Na Willa" serta "Na Willa dan Rumah dalam Gang" merupakan karya Mbak Reda yang berkelanjutan.

Potret Keluarga sendiri merupakan kumpulan cerpen karya Mbak Reda yang sudah pernah dipublikasikan maupun yang belum. Berisikan 16 cerpen yang bertemakan keluarga dan seluk beluk permasalahan di dalamnya. Ceritanya sederhana, singkat, padat, dan jelas. Ciri khas tulisan Mbak Reda banget, deh! 

Cara Mbak Reda bercerita dalam buku ini lugas dan tidak membingungkan. Ceritanya pun bisa relate dengan kehidupan banyak orang. Meskipun sederhana tetap ada plot twist yang menarik. Itu yang aku suka dari karya Mbak Reda. Ada kejutan-kejutan kecil dalam kisahnya.

Buku setebal 179 halaman ini bisa banget dibaca sekali duduk. Karena benar-benar ringan. Dan bisa juga untuk dibaca berulang-ulang. 

Dari 16 cerpen yang ada favoritku adalah Anak Ibu, Cik Giok dan Perjalanan. Semuanya menarik. Asli! Saat membacanya kita diajak menyelami perasaan para tokohnya. Seakan-akan itu terjadi kepada kita, orang tua, saudara, teman, atau bahkan tetangga sendiri.

Kalau ada sesuatu yang mengganjal, ceritakan saja. Dulu aku pikir, sebagai perempuan dewasa kita harus bisa menyelesaikan masalah sendiri. Jangan libatkan orang lain karena akan merepotkan, mengganggu pikiran orang itu. (hal 132)

Aku sangat merekomendasikan buku ini untuk kalian. Terutama bagi kalian yang sedang mencari bacaan yang ringkas. Buku ini salah satu jawabannya. Buku lainnya dari Mbak Reda juga sangat wajib dibaca. 
 



You May Also Like

0 komentar