Jilbab oh Jilbab

by - November 25, 2017

Hallo teman-teman apa kabar? Alhamdulillah jika semua dalam keadaan yang baik, ya.

Di sini saya mau kasih opini saya tentang obrolan yang lagi jadi trending topic di media sosial. Ada salah satu public figure (artis) yang belakangan ini jadi pembicaraan di media social karena keputusannya yang lepas jilbab. Menurut saya nih, digarisbawahi, menurut saya, keputusan itu sangat disayangkan sekali. Kenapa? Karena sebagai seorang muslimah, memakai jilbab adalah sebuah kewajiban dan seharusnya memang begitu. Tapi saya tahu untuk bisa istiqamah itu nggak mudah. Benar-benar butuh keteguhan dan kesanggupan hati. Alhamdulillah ketika kita bisa membawa diri di lingkungan yang mendukung hijrah kita. Karena terkadang saat kita sudah merasa mantap dalam berhijrah, eh, lingkungan sekitar yang nggak related.

Kalau saya sendiri, Alhamdulillah dari pertama pakai jilbab sampai sekarang tahun ketiga, merasakan banyak perubahan. Saya merasa bahwa jilbab itu memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Bagi yang belum pernah coba, bisa dicoba, silakan. Bagi yang sudah berjilbab pasti merasakan seperti yang saya rasakan. Honestly, dulu awal saya pakai jilbab itu memang karena saya butuh sebuah kenyamanan dan keamanan. Jadi, awal SMA saya memutuskan untuk mulai pakai jilbab, nggak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah. Dan sudah jadi kewajiban bagi wanita (muslimah) untuk memakai jilbab saat sudah baligh. Alhamdulillah bertahan sampai sekarang, semoga bisa istiqamah.

Soal artis tadi, saya pikir, dia punya alasan untuk keputusannya. I believe that everything happens for a reason. Saya juga percaya bahwa ini jadi proses kehidupan yang harus dijalaninya. And I believe if Allah will guide her to the right way, even this way is to risk. Jadi, untuk kalian yang merasa tidak sependapat dengan si artis ini, bisa menyampaikan dengan cara yang lebih baik lagi. Nggak langsung kasih komen inilah itulah yang sebenarnya kalian nggak tahu apa yang sedang dia rasakan. Saya pun nggak tahu apa yang menjadi keresahan si artis ini, hingga memutusan hal yang cukup kontoversial. But, I think she’s in her process of life. Life is a journey, right?

Sebenarnya balik lagi ke  masing-masing pribadi, sih. Ini juga jadi pembelajaran buat saya untuk lebih memperdalam agama saya. Dan saya sadar bahwa setiap kita itu punya proses yang berbeda-beda untuk menemukan hidayah-Nya. Terus apa yang bisa kita lakukan? Memperbaiki diri dan mendokaan saudara kita agar diberikan hidayah-Nya.

Nah, dari keputusan si artis tadi, bermunculan spekulasi apa alasan yang melatarbelakangi keputusannya ini. Saya nonton video wawancara eksklusif si artis ini dengan Dedy Corbuzier. Saya juga penasaran apa alasan dia melepas jilbab. Dan ternyata…alasannya adalah (jeng jeng jeng jeng) ditulis di kertas Om Dedy. Yah, makin penasaran. Udah penasaran eh malah dibuat penasaran lagi. Ada yang menarik di sini, pas Om Dedy baca tulisan itu, he was shocked. Ya, semacam kaget gitu. Dan saya mulai berpikir dia pindah agama atau agnostic atau atheis. Hmm…karena spekulasi itu yang sedang merebak di kalangan netizen. Dan sampai sekarang masih abu-abu.

Apapun itu pandangan dia dibalik keputusannya ini, kita baiknya mendoakan, supaya si artis ini mendapatkan jalan yang diridhoi oleh-Nya. Aamiin.


You May Also Like

0 komentar